Selasa, 05 Juni 2012

SOFTWARE UNTUK MENGUJI APLIKASI


Pengujian Perangkat Lunak merupakan suatu investigasi yang dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas dari produk atau layanan yang sedang diuji (under test). Pengujian perangkat lunak juga memberikan pandangan mengenai perangkat lunak secara obyektif dan independen, yang bermanfaat dalam operasional bisnis untuk memahami tingkat risiko pada implementasinya.
Software pengujian juga dapat dinyatakan sebagai proses untuk memvalidasi dan memverifikasi bahwa program software / aplikasi / produk:
1.      Memenuhi persyaratan bisnis dan teknis bahwa desain yang dibimbing dan pengembangan
2.      Bekerja seperti yang diharapkan
3.      Dapat diimplementasikan dengan karakteristik yang sama.
Tujuan utama pengujian adalah untuk mendeteksi kegagalan perangkat lunak sehingga cacat dapat ditemukan dan diperbaiki. Pengujian tidak dapat menetapkan bahwa fungsi produk dengan benar dalam semua kondisi namun hanya dapat menetapkan bahwa hal itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya dalam kondisi tertentu. Ruang lingkup pengujian perangkat lunak sering kali berisi pemeriksaan kode serta pelaksanaan kode dalam berbagai lingkungan dan kondisi serta memeriksa aspek kode: melakukannya melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan melakukan apa yang perlu dilakukan.
Contoh software penguji untuk menguji webstres adalah WAPT 4.0. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengujikemampuan sebuah website yang digunakan. Akan diuji kemampuan membuka akun yahoo mail sampai 1000 user. Berikut adalah langkah-langkah pengujian yang akan dilakukan :

1. Langkah awal, masuk WAPT lalu klik new. disana akan muncul new test scenario wizard. Lalu pilih stress capabilities. Berikut tampilannya.
2. Masukkan parameter jumlah user yang akan diuji dengan menggunakan 1000 user dan setiap 10 detik akan naik 100 user.
3. Checklist semua pilihan, terutama pada bagian IP.
4. Masukkan profil. Jika belum mempunyai profil, profil dapat dibuat terlebih dahulu.

5. Tekan finish untuk memulai menguji.
 
6. klik profil 1 yang sebelumnya telah dibuat, lalu klik record. Akan muncul pilihan untuk memilih profile. Klik rec pada task bar dan masukan alamat web. Setelah selesai merecord maka klik stop record untuk menilai hasil yang sudah direcord.
7. Setelah selesai, maka tekan stop rec. Selanjutnya masuk pada scenario test volume dan masukkan sesuai user yang ingin dicoba. Setelah selesai lakukan run test dan disana akan terlihat grafik. Berikut beberapa grafik yang dapat dilihat :

a. Grafik performance
b. Grafik Bandwith

c. Grafik Error



d, Grafik Custom
 8. Apabila sudah selesai, kemudian akan muncul semua data web yang tadi diuji.

 
Dengan menggunakan uji webstres ini, maka dapat dilihat kinerja dari sebuah web sehingga dapat dilihat performa dan kelayakan sebuah web.

Meskipun kontroversial, pengujian perangkat lunak dapat dilihat sebagai bagian penting dari jaminan kualitas perangkat lunak (SQA) proses. Dalam SQA, spesialis proses software dan auditor mengambil pandangan yang lebih luas pada perangkat lunak dan pengembangannya. Mereka memeriksa dan mengubah proses rekayasa perangkat lunak itu sendiri untuk mengurangi jumlah kesalahan yang berakhir di perangkat lunak yang dikirimkan: cacat yang disebut tingkat-begitu.

Yang merupakan tingkat kecacatan “diterima” tergantung pada sifat dari perangkat lunak. Sebagai contoh, sebuah video game arcade dirancang untuk mensimulasikan pesawat terbang mungkin akan memiliki toleransi lebih tinggi banyak cacat daripada misi kritis perangkat lunak seperti yang digunakan untuk mengontrol fungsi sebuah pesawat itu benar-benar terbang. Meskipun ada hubungan yang erat dengan SQA, pengujian departemen sering ada secara independen, dan mungkin tidak ada fungsi SQA di beberapa perusahaan.

Software pengujian adalah tugas dimaksudkan untuk mendeteksi cacat pada piranti lunak oleh kontras hasil program komputer yang diharapkan dengan hasil aktual untuk satu set input. Sebaliknya, QA (jaminan mutu) adalah implementasi kebijakan dan prosedur yang dimaksudkan untuk mencegah kerusakan dari yang terjadi di tempat pertama.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengujian_perangkat_lunak

1 komentar:

  1. hmm boleh juga nih software, thanks a lot telah berbagi, salam kenal :)

    BalasHapus