Jumat, 16 April 2010

Pengaturan Memori Pada Windows XP


Salah satu hardware penampung berkas (Memori) yang paling penting dikomputer adalah RAM dan HARDDISK. RAM yang berguna dalam media penyimpanan data sementara sebelum data tersebut diolah dalam sistem komputer dan HARDDISK yang digunakan sebagai media penyimpanan permanen terhadap berkas-berkas (File) dikomputer. Kedua alat tersebut mutlak diperlukan oleh komputer.

Sistem Operasi yang nantinya akan bertugas untuk meletakkan proses didalam memori. Sebagai media penyimpanan tentu saja Memori harus dioptimalakan semaksimal mungkin agar dapat menghasilkan kinerja yang efisien dan efektif pada suatu komputer. Untuk mengoptimalakan kinerja memori ini maka kita memerlukan Pengaturan Memori yang baik. Pengaturan memori ini dilakukan oleh Sistem Operasi.

Pengaturan memori pada Windows XP sendiri telah menggunakan virtual memori (adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file atau swap partition) yang memang pada versi windows-windows sebelumnya telah digunakan. Data proses yang berada di page file ini sewaktu-waktu dapat dipindahkan dan diproses kembali di RAM apabila aplikasi/program yang bersangkutan membutuhkannya. Dengan cara ini, kerja RAM bisa menjadi lebih ringan sehingga komputer bisa bekerja lebih cepat. Tetapi pada Windows XP penggunaan virtual memori ini dikurangi dengan mengoptimalkan memori pool.

Cara pengaksesan Virtual Memory pada windows XP dapat dilakukan dengan cara :

Start > Control Panel > System
atau
Start > Run > ketikkan “Sysdm.cpl” (tanpa kutip) kemudian klik OK



Beberapa hal yang perlu diperhatikan serta cara pengaturan page file pada Windows XP adalah sebagai berikut :

  1. Jika hanya ada satu harddisk di komputer maka letakkan page file di partisi yang jarang diakses dan tidak berisi sistem operasi Windows. Namun jika ada dua harddisk maka letakkan page file di harddisk yang tidak berisi system operasi Windows. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses baca/tulis data
  2. Partisi harddisk yang berisi page file sebaiknya dalam format NTFS
  3. Ukuran page file yang direkomendasikan adalah 1,5 kali kapasitas RAM yang terpasang di komputer. Jadi, seandainya RAM yang terpasang di komputer berkapasitas 256MB maka ukuran page file-nya adalah 256 x 1,5 = 384 MB. Kemudian isikan nilai tersebut pada kotak Initial Size dan Maximum Size. Pengaturan page file yang sama ukurannya pada Initial Size dan Maximum Size ini biasa disebut dengan static size.
  1. Untuk mendapatkan kinerja virtual memory yang lebih baik, ukuran page file dapat diatur secara dinamik seperti berikut. Atur Initial Size sebesar 1,5 kali kapasitas RAM dan Maximum Size sebesar 3 kali kapasitas RAM. Jadi, seandainya RAM yang terpasang di komputer berkapasitas 256MB maka ukuran page file untuk :
    • Initial Size adalah 256 x 1,5 = 384 MB, dan
    • Maximum Size adalah 256 x 3 = 768 MB

Pada kernel (adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman) Windows XP menggunakan metode small pool dan large pool dimana jika sistem meminta penyimpanan pada small pool maka untuk aplikasi yang membutuhkan memori yang lebih besar, penyimpanan dapat ditempatkan pada large pool. Hal ini memungkinkan large pool tidak terlalu terfragmentasi sehingga Windows dapat selalu menyediakan jumlah memori dalam ukuran besar dan cepat. Selain itu kernel XP juga menangani low-memory dengan cukup baik. Dengan menggunakan I/O throttling, ketika resource dalam keadaan low, sistem operasi dapat mengurangi pemrosesan memori. Walaupun sistem akan melambat tetapi sistem tidak akan mengalami crash.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kernel

http://id.wikipedia.org/wiki/Memori_virtual

http://cmis.yarsi.ac.id/manual_cmis/manual_xp.html

http://www.adipedia.com/cara-setting-virtual-memory-di-windows-xp/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar